ViPhylab


VIPHYLAB
PENGERTIAN VIRTUAL LABS (VIPHYLAB)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJnYjJhawlRPzEFTSYDEfYVohlK0IincDFAmDbsxm7y76tn0Pd4FWqE3-Jn2uQVeUVjX1hALU6F6Dc0GpX3sYfRFzEO9K0cIWriSZYxq4EDTRh5ZhU7oQ1GlEIYJASUJgyuOoCmnXZRQfW/s1600/virtual_laboratory_pakarfisika.jpg

Laboratorium virtual atau bisa disebut dengan istilah Virtual Labs adalah serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software) komputer berbasis multimedia interaktif, yang dioperasikan dengan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual potensial untuk memberikan peningkatan secara signifikan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. Pengembangan laboratorium virtual ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik dan mengatasi permasalahan biaya dalam pengadaan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum bagi sekolah-sekolah yang kurang mampu.
Melalui pembelajaran multimedia dalam bentuk laboratorium virtual, secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, melalui laboratorium virtual, bisa dilakukan penghematan biaya riset, serta riset-riset yang dahulu tidak mungkin dilakukan, karena keterbatasan pengkondisian sistem, saat ini telah bisa dilakukan (Reismeiyanto, 2008).
Menurut Farreira (2010), Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan laboratorium virtual online adalah
  1. Mengurangi keterbatasan waktu, jika tidak ada cukup waktu  untuk mengajari seluruh peserta didik di dalam lab hingga mereka paham,
  2. Mengurangi hambatan geografis, jika terdapat siswa atau mahasiswa yang berlokasi jauh dari pusat pembelajaran (kampus),
  3. Ekonomis, tidak membutuhkan bangunan lab, alat-alat dan bahan-bahan seperti pada laboratorium konvensional,
  4. Meningkatkan kualitas eksperimen, karena memungkinkan untuk diulang untuk memperjelas keraguan dalam pengukuran di lab,
  5. Meningkatkan efektivitas pembelajaran, karena siswa atau mahasiswa akan semakin lama menghabiskan waktunya dalam lab virtual tersebut berulang-ulang,
  6. Meningkatkan keamanan dan keselamatan, karena tidak berinteraksi dengan alat dan bahan kimia yang nyata.
Kelemahan dalam pemanfaatan Laboratorium Virtual online :
  1. Peserta didik harus online (terkoneksi internet) untuk menjalankan simulasi suatu praktikum.
  2. Keterbatasan pengetahuan mengenai tata cara pelaksanaan praktikum online, karena kebanyakan penyedia layanan Virtual Labs menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
  3. Kurangnya pengalaman secara riil di laboratorium nyata, sehingga terjadi kebingungan peserta didik dalam merangkai alat dan mengoperasikannya.
  4. Laboratorium Virtual tidak memberikan pengalaman di lapangan secara nyata.
Beberapa penyedia layanan Laboratorium Virtual (Virtual Labs) memberikan layanan secara gratis dan sebagiannya lagi secara berbayar. Kita bisa memanfaatkan Virtual Labs gratis untuk menunjang pemahaman peserta didik kita dalam memahami suatu konsep. Kadang guru tidak sempat melakukan praktikum bersama siswa karena adanya keterbatasan waktu ataupun karena keterbatasan peralatan serta sarana prasana praktikum. Virtual Labs menjadi solusi terbaik untuk melakukan praktikum secara “REAL TIME” kapanpun dan dimanapun peserta didik berada.

BY_WAFILA (A 241 15 048)

Produk Aplikasi ViPhylab yang Dikembangkan Memiliki komponen-komponen :
Produk aplikasi ViPhylab yang dikembangkan memiliki komponen-komponen berupa :
a.       Form Login
Form Login terletak diawal tampilan. Pada bagian ini pengguna wajib memasukkan username dan password.
b.      Beranda
Pada komponen beranda ditampilkan pilihan menu belajar. Adapun pilihan menu tersebut yaitu petunjuk, materi, kompotensi, praktikum, latihan, dan profil pengembangan.
c.       Materi
Komponen materi merupakan bagian yang menampilkan materi pembelajaran. Pada komponen ini , materi ditampilkan dengan menggunakan fitur geser laya (swipe)
d.      Praktikum virtual
Komponen ini dilengkapi prosedur praktikum. Terdapat kolom respon untuk siswa dalam mengerjakan praktikum virtual.
e.       Latihan
Level soal latihan dirancang menjadi 3 level yaitu mudah, sedang, dan sulit. Rancangan level soal latihan berfungsi untuk melatih evaluasi diri siswa.
Konsep Laboratorium virtual Fisika
Pengertian kata “ virtual” dijelaskan oleh Gardy (2003) yaitu suatu hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi computer dimana ditampilkan dengan sensasi berada didalam sebuah lingkungan ataupun tidak. Lingkungan virtual yang menampilkan sensasi berada didalam sebuah lingkungan sebenarnya dikenal dengan nama “virtual reality”. Lingkungan virtual reality dibuat dengan tampilan tiga dimensi (3D). lingkungan virtual yang tidak menampilkan sensasi berada disebuah lingkungan sebenarnya pada umumnya ditampilkan dalam bentuk dua dimensi (2D). laboratorium virtual digunakan sebagai komplemen (pelengkap) sumber belajar siswa baik disekolah maupun dirumah. Jika guru tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan praktikum maka laboratorium virtual dapat menjadi pilihan bagi sebagai pengganti kegiatan praktikum.  
By FITRA98

Karakteristik Aplikasi ViPhylab
Aplikasi ViPhylab dapat di gunakan dalam pembelajaran fisika di mana karakteristik aplikasi ViPhylab sendiri adalah sebagai berikut:     
  1. Aplikasi pembelajaran fisika yang dapat di operasikan dengan menggunakan perangkat Smartphone Android
  2.  Dapat menjadi sumber belajar pendukung bagi siswa SMA dalam mempelajari materi.
  3.  Dapat di gunakan secara mandiri sebagai media pembelajaran baik di sekolah ataupun ketika    siswa berada di luar sekolah.
  4.  Di lengkapi dengan materi, pratikum virtual dan soal evaluasi diri berupa latihan yang di     rancang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi.
  5.  Tampilan materi di rancang dengan menggunakan fitur geser layar sebagai ciri khas aplikasi Smartphone  Androit pada umumnya.
Penilaian Aplikasi ViPhylab oleh Ahli Materi dan Ahli Media
            Aplikasi Viphylab yang di kembangkan telah di nilai tingkat kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Tingkat kelayakan aplikasi ViPhylab sebagai media pembelajaran di ukur dari segi rancangan pembelajaran serta rancangan tampilan. Aplikasi dapat di gunakan sebagai media pembelajaran jika aplikasi memiliki tingkat validitas pada kategori layak. Ahli Materi dan Ahli Media menilai bahwa aplikasi ViPhylab secara media memiliki tingkat validitas yang tinggi yaitu berada pada kategori sangat layak untuk di gunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran.
By Ni Wayan Alfari (A 241 15 045)
 
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2012). Ayo Manfaatkan Laboratorium Virtual. [ONLINE], Tersedia : https://mazguru.wordpress.com/2012/04/19/ayo-manfaatkan-laboratorium-virtual/. (29 November 2016)
Anonim. (2008). Virtual Laboratory Pakarfisika. [ONLINE], Tersedia : https://pakarfisika.files.wordpress.com/2008/07/virtual_laboratory_pakarfisika.jpg. (29 November 2016)
Alfari Niwayan. (2016). [ONLINE], Tersedia : http://niwayanalfari045.blogspot.co.id/ (29 November2016).
Fitra036. (2016). [ONLINE], Tersedia :http://fitra036.blogspot.co.id/. ( 29 November 2016)

Komentar

Postingan Populer